Kesalahan yang
dibuat dalam bisnis dapat membuat kita takut dan malu. Padahal, sejatinya
kesalahan atau kesulitan yang kita buat dapat diubah menjadi kesempatan untuk
menampilkan profesionalisme, integritas, dan keaslian dari bisnis. Lalu,
bagaimana cara memulihkan reputasi setelah terjadi kesalahan? Berikut tips
mengubah kesalahan menjadi peluang.
Ingat, kesalahan dapat
menjadi guru terbaik
Ketika uang
masuk, telepon berdering, pelanggan senang, dan semuanya berjalan lancar kita
cenderung lupa untuk meningkatkan, berinovasi, atau memperluas bisnis. Kapan
Anda lebih termotivasi serta terdorong untuk mengubah pendekatan marketing atau
mendatangkan penjualan? Bagaimana dengan menambahkan nilai serta meningkatkan
layanan kepada pelanggan? Apakah Anda lebih mungkin berpikir tentang hal ini
ketika pelanggan senang atau pelanggan tidak puas?. Nyatanya, kreativitas dan
inovasi berkembang dengan baik jika kita berada di bawah tekanan. Belajarlah
dari kesalahan dan temukan cara untuk membuatnya lebih baik atau mencegah hal
itu terjadi di masa depan dan membuat perubahan.
Sadari, kesalahan dapat
memanusiakan Anda serta membantu membangun hubungan
Kita semua
pernah membuat kesalahan. Kesalahan dapat membuat kita lebih bisa terhubung dan
didekati pelanggan dan rekan bisnis. Siapa yang tidak pernah salah ketik, salah
kirim email, salah bicara, atau membuat keputusan yang salah?
Kuncinya adalah
bagaimana kita mengatasinya, bangkit kembali, dan melakukan sesuatu. Bisakah
kita menggunakan kesalahan atau blunder tersebut untuk membangun hubungan. Menjadikan
kesalahan kita sebagai studi kasus untuk membantu pelanggan terhindar dari
kesalahan yang sama atau sebagai kesempatan untuk menampilkan prosedur baru
yang lebih baik.
Gunakan kesalahan sebagai
kesempatan untuk menunjukkan karakter
Jika Anda
membuat sebuah kesalahan atau membuat keputusan yang salah segera lah
memperbaikinya. Jika Anda memiliki pelanggan yang tidak puas segera atasi.
Jadilah seseorang yang professional. Akui kesalahan, minta maaf dan dan segera
perbaiki.
Dengan bersikap
terbuka, jujur, dan bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat, reputasi Anda
bukan hanya terlindungi, Anda juga dapat memiliki lebih banyak orang yang ingin
bekerja sama karena sikap dan tindakan yang telah dilakukan. (bn)
0 komentar:
Posting Komentar