Belakangan ini UKM sangat berkembang di
Indonesia, banyak UKM berbentuk kerajinan, pembuatan-pembuatan sandal, serta
UKM lainnya. Di pembahasan ini, akan diberi contoh kegiatan usaha yang
dilakukan oleh kerajinan batik, dalam melakukan hal pengambilan keputusan untuk
mengembangkan usahanya. Di lihat dari contoh Usaha Kecil Menengah, seperti
pembuatan usaha kerajinan batik, dalam hal ini usaha ini ada kendala dalam hal
pemasaran, modal, dan tenaga kerja. Pengusaha lalu menerapkan pemasaran yang
efisien dan efektif dengan tidak mengelurkan banyak biaya, pengusaha memilih
pemasaran melalui online atau media social,
akhirnya semakin banyak permintaan melalui pemasaran online, pengusaha
membutuhkan modal untuk memenuhi permintaan tersebut dengan cara mengajukan
pinjaman kredit ke Bank, setelah disetujui oleh bank tersebut, usaha itu terus
meningkatkan produksinya serta menambah tenaga kerja melalui modal yang
dipinjamkan oleh bank tersebut. Berdasarkan contoh di atas, dapat dilihat bahwa
pengusaha memilih alternatif-alternatif mana saja yang dapat diambil sebagai
sebuah keputusan dalam hal mengembangkan usahanya di bidang kerajinan batik.
Sumber :
• Hasan,
M. Iqbal. 2002 Teori Pengambilan Keputusan. Bogor : Ghalia Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar