Rabu, 30 Juli 2014

 18.53      No comments
Arti sebuah keikhlasan dan arti sebuah kepercayaan itu sangat mahal sekali. Tak mudah kita cerna dalam pikiran, tapi mudah kita terima dalam hati bila kita benar-benar memaknainya dengan baik. Karena hati yang peka bisa merasakan arti sebuah keikhlasan dan arti sebuah kepercayaan itu sendiri. Keikhlasan dan kepercayaan memiliki makna yang berbeda. Semisal dalam kehidupan kita mengalami masalah dan banyak cobaan, seperti rumah kebakaran, kehilangan uang, pemerasan uang, penipuan, kehilangan orang yang kita sayang, dan kecelakaan kendaraan. Saya pernah merasakan kehilangan uang, pemerasan uang, penipuan, dan lain-lain.  Itu semua merupakan cobaan yang kita harus terima dalam hidup. Karena kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan ikhlas terhadap kejadian yang kita alami di dunia ini dan kita masih bisa memperbaiki atau kembali menjadi orang yang teguh dan lebih bijaksana lagi dalam menghadapi masalah, karena kita di dunia masih bisa memohon kepada Tuhan segala cobaan yang kita alami pasti ada makna yang diberikan oleh Tuhan. Suatu saat Tuhan akan memberikan kita yang terbaik pula di balik kejadian yang kita hadapi di dunia ini. Tuhan itu sudah punya rencana hidup kita, kapan kita pergi, mau kemana kita, atau apa yang kita lakukan. Semua sudah direncakan Tuhan sejak awal dunia ini dijadikan. Kita di lahirkan ke dunia ini karena kehendak dari dia.
            Oleh sebab itu, arti keihklasan di dunia ini sangat penting sekali, meskipun kita masih belum bisa menerimanya, asalkan kita menerimanya dengan lapang dada dan kita serahkan semuanya kepada dan kita percaya kepada Tuhan. Semua akan indah pada waktunya. Selagi kita masih hidup di dunia, jalani saja kehidupan kita untuk kebaikan, kebajikan, saling membantu, saling memberi dan hal-hal baik yang bisa kita lakukan di dunia ini kepada orang-orang. Manusia tidak bisa memberikan apa-apa kepada kita, cuma Tuhan yang punya kuasa. Manusia hanya menjadi perantara kita saja dan kita hanya mengenal manusia untuk bersosialisasi satu dengan yang lain di dunia ini. Kalaupun kita udah tidak ada di dunia ini lagi, nantinya kita akan mengenal kehidupan lainnya di surga dan di neraka.
            Arti kepercayaan yang dimaksud adalah, kepercayaan atau harapan yang kita diberikan kepada orang lain untuk menjalankan sebuah tanggung jawab. Karena arti sebuah kepercayaan itu sangat jarang didapat. Banyak orang yang kita percaya dan kita menaruh sebuah kepercayaan yang begitu besar dalam segala hal kepada orang lain yang mencakup kehidupan kita di dunia ini dalam hal bisnis, perdagangan, politik atau apa sajalah yang menyangkut urusan kita, malah menyianyiakan kita yang sudah memberikan kepercayaan kepada seseorang. Kita mungkin harus lebih waspada dalam mengambil keputusan kepada siapa kita percaya atau kepada siapa kita akan menaruh sebuah kepercayaan itu. Memang kita harus memiliki sebuah hati nurani yang besar untuk mengetahui orang-orang mana saja yang bisa kita percayai. Seringkali kita di tipu atau merasa di bohongi oleh seseorang, karena hati mereka tidak peka terhadap apa yang mereka kerjakan atau mereka lakukan itu adalah sebuah kepercayaan yang diberikan kepadanya. Bagi kita yang kurang faham akan orang-orang yang membohongi kita atau yang merasa tertipu atas kepercayaan yang kita berikan kepada mereka, kita harus berhati-hati, waspada, dan lebih bijaksana untuk menghadapinya.
 Seperti contoh saya, mungkin saya nya yang gampang tertipu atau saya nya lah yang polos dalam berbagai kejadian, seringkali banyak orang yang memanfaatkan orang-orang seperti saya untuk tindakan seperti hal nipu-nipu. Karena biasanya orang yang memakai hal dalam menjalani aksi tipu-tipu itu lebih cerdik dan memiliki seribu akal, ibarat kata licik. Dia bisa mengetahui orang-orang mana saja yang merupakan incaran mereka entah mereka memakai modus aksi yang mana, mereka sudah rencakan matang-matang dan tidak bertindak bodoh. Lain halnya, yang baru belajar nipu-nipu, aduh jangan sekali-kali dah kalau memang tidak memiliki otak cerdik dan licik, bisa-bisa anda yang terkena batunya. Lebih baik, kita yang tidak memiliki otak cerdik dan licik itu dalam hal tipu-tipu, hanya bisa waspada, yaa jangan percayai kepada setiap orang.
Orang bisa saja berubah pikiran dari yang dulu nya kita percaya berubah menjadi orang yang tidak bisa kita percaya. Mungkin ada sebab nya orang kita yang percaya, dahulu memiliki masalah dalam keluarga, teman, atau hal lain yang bisa membuat orang yang kita percaya menjadi orang yang tidak bisa kita percaya lagi. Tapi orang seringkali salah sangka, pernah saya dengar. Apabila salah seseorang melakukan kebaikan-kebaikan atau hal-hal positif bagi orang lain, suatu ketika seseorang ini melakukan hal negatif-negatif atau melakukan kesalahan yang fatal, mungkin orang mengira tidak percaya, karena kesan yang ditonjolkan pertama oleh seseorang tadi memberikan kesan hal-hal positif. Jadi, dalam pikiran sudah terekam kesan yang baik-baik, jadi mereka tidak menyangka akan hal-hal negatif yang dilakukan oleh seseorang tadi.
            Jadi, dari suatu penjelasan yang saya tulis berasal dari fenomena-fenomena dan sebuah pengalaman yang saya dapat, mungkin terlihat sederhana, tapi ini mudah-mudahan dapat memberikan suatu makna tersendiri bagi orang lain. Bahwa, arti sebuah keihklasan dan kepercayaan itu sangat mahal sekali bagi kehidupan kita.  Dari sebuah keikhlasan kita dapat bangkit dan menjalani kehidupan lebih baik lagi dan menjadi orang yang bijaksana lagi. Sedangkan arti sebuah kepercayaan yang kita berikan kepada orang lain. Kita harus mampu menanggapinya dengan  bijak pula jangan kita melulu percaya kepada orang lain, karena sangat jarang orang yang bisa kita percaya dalam dunia ini. Kita harus waspada, hati-hati dan lebih bijaksana lagi dalam hal mempercayakan orang lain Landaskanlah hati anda berdasarkan kehendak Tuhan, percaya Tuhan pasti melindungi kalian dari segala bahaya. Sebab semuanya ini sudah menjadi rencana nya. Atau mungkin sebuah teguran yang diberikan Tuhan kepada kita untuk lebih dekat dengan Tuhan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget

Pages

Total Tayangan Halaman

Gunadarma University

Gunadarma University
Home Site Gunadarma

Blogger news

Rraka-Melupakanmu

ADITYA CHRISTIANTO

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Popular Posts